informatika merupakan disiplin ilmu yang mencari pemahaman dan mengeksplorasi dunia, baik natural maupun artifisial.
Perlunya mempelajari Informatika bagi peserta didik agar mampu menciptakan, merancang, dan mengembangkan produk berupa artefak komputasional dalam bentuk perangkat keras dan perangkat lunak.
Dengan mempelajari Informatika, peserta didik juga mampu menciptakan, merancang, dan mengembangkan satu sistem berupa kombinasi perangkat keras dan lunak dengan menggunakan teknologi dan tools yang sesuai.
Informatika meliputi prinsip keilmuan perangkat keras, data, dan informasi serta sistem komputasi yang menjadi dasar dari proses pengembangan tersebut.
Berikut tujuan dan karakteristik pelajaran Informatika yang detikEdu rangkum dari artikel Capaian Pembelajaran milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Tujuan Mempelajari Informatika
Dalam mempelajari suatu ilmu pengetahuan tentunya ada tujuan-tujuan yang akan dicapai, begitu juga dalam mempelajari Informatika.
Tujuan utama mempelajari Informatika adalah untuk membimbing peserta didik menjadi "computationally literate creators" yang dapat menguasai konsep dan praktik Informatika, yakni:
-
Berpikir komputasional
Mampu berpikir komputasional dalam menciptakan solusi untuk menyelesaikan permasalahan secara sistematis, kritis, analitis, dan kreatif;
-
Memahami ilmu pengetahuan yang mendasari Informatika
Adapun ilmu pengetahuan mendasar mencakup sistem komputer, jaringan komputer dan internet, analisis data, algoritma pemrograman serta menyadari dampak Informatika terhadap kehidupan bermasyarakat
-
Terampil berkarya dalam menghasilkan artefak komputasional sederhana
Artefak dapat dihasilkan dengan memanfaatkan teknologi dan menerapkan proses rekayasa serta mengintegrasikan pengetahuan di bidang lain yang membentuk solusi sistemik
-
Terampil
Terampil di sini adalah terampil dalam mengakses, mengelola, menginterpretasi, mengintegrasikan, mengevaluasi informasi, serta menciptakan informasi baru dari himpunan data dan informasi yang dikelolanya dengan memanfaatkan TIK yang sesuai
-
Memiliki karakter yang baik sebagai anggota masyarakat digital
Dengan memiliki karakter yang baik, peserta didik akan mampu berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi dan menggunakan perangkat teknologi informasi dengan rasa peduli akan dampaknya dalam kehidupan bermasyarakat.